KARANTINA PERTANIAN TIMIKA

...

2021-10-25 14:47:27

Gaharu Kemendangan Asal Timika Siap Mendunia

Timika - Kayu gaharu berasal dari berbagai spesies pohon dengan genus Aquilaria, secara khusus yang berjenis A. malaccensis. Kayu ini sudah sejak lama dijadikan sebagai komoditas perdagangan Nusantara untuk diperjualbelikan ke banyak penjuru dunia, seperti, Persia, India, beberapa negara di Arab hingga Afrika Timur.

Namun, karena jumlah kayu ini di alam terbilang terbatas, sedangkan permintaan pasar sangat tinggi, kayu gaharu digadang-gadang sebagai salah satu jenis komoditas dengan harga paling mahal di dunia.

Senin (25/10), Pejabat Karantina Pertanian Timika wilayah kerja Bandara Mozes Kilangin melakukan pemeriksaan gaharu yang akan dikirimkan ke Jakarta menggunakan cargo pesawat airfast dan sriwijaya. Permohonan pengiriman gaharu ini dari CV PBP yang menjadi pengguna jasa rutin untuk gaharu.

“Kayu gaharu bentuk kemendangan ini diperiksa baik fisik, maupun kebenaran jumlah dan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan, seperti Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Dalam Negeri (SATS-DN) dari kantor BKSDA Timika”, terang Desri Yulda, Pejabat Karantina Tumbuhan yang melakukan pemeriksaan.

Begitu pemeriksaan selesai dilakukan, maka sebanyak 2.912 kg gaharu yang dikemas dalam 160 koli dapat diterbitkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT – 12) dan gaharu siap diterbangkan menuju kota tujuan.

#LaporKarantina #KarantinaPertanianTimika