KARANTINA PERTANIAN TIMIKA

...

2021-10-15 14:28:50

Kemasan Kayu Tiba, Pemeriksaan Siap Dilakukan

Timika - Kemasan kayu merupakan hasil kayu belum diolah yang biasa dipergunakan untuk menopang, mengemas, dan mengganjal dalam pengangkutan barang kiriman.

Jum’at (15/10), Pejabat Karantina Pertanian Timika wilayah kerja pelabuhan Amamapare, melakukan pemeriksaan terhadap pemasukan kemasan kayu yang terdiri dari pallet, dunnage, crating, skids, dan lain sebagainya dengan jumlah dan nomor peti kemas 99 FCL dan 3 handling.

Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa kemasan kayu ini berasal dari Australia dan digunakan untuk kegiatan operasional PT FI.

“Lalu lintas kemasan kayu harus memenuhi persyaratan ISPM 15 (International Standards For Phytosanitary Measures) yaitu telah diberi perlakuan dan tanda marka. Tindakan ini merupakan fitosanitari yang dibutuhkan untuk meminimalisir penyebaran hama-hama karantina”, ucap Agustinus Toni Kurniawan, selaku Pemeriksa Karantina Tumbuhan.

Setelah di pastikan aman dan bebas Organisme Penganggu Tumbuhan Karantina (OPTK), Pejabat Karantina Timika dapat menerbitkan Sertifikat Pelepasan (KT-9).

#LaporKarantina #KarantinaPertanianTimika