KARANTINA PERTANIAN TIMIKA

...

2021-10-08 10:47:57

Hendak Kirim Tanduk Rusa ? Wajib Lapor Karantina

Timika - Taat aturan, itulah kesan yang muncul dari seorang Pengguna Jasa, I Gede Wilis Suganipa. Sebelum terbang ke Buleleng, ia ternyata sudah mencari informasi dokumen apa saja yang diperlukan agar bisa membawa satu buah tanduk rusa timor miliknya. Ia paham betul bahwa tanduk rusanya bisa dibawa jika sudah lapor karantina dan mengantongi dokumen kesehatan dari Karantina Pertanian.

Jum’at pagi (08/10), Ia sudah tampak berada di kantor pelayanan Karantina Pertanian Timika wilayah kerja Bandara Mozes Kilangin untuk melaporkan barang bawaannya.

Pejabat Karantina yang bertugas, drh. Cyntia Magdalena Sihombing, dengan sigap merespon permohonan. Sebelum melakukan pemeriksaan dan rilis dokumen Karantina, petugas memastikan kembali bahwa persyaratan berupa surat ijin angkut satwa liar sudah dilengkapi.

“Kami cek, Pengguna Jasa sudah memiliki SATS-DN tanduk rusanya sehingga kami bisa langsung lakukan pemeriksaan untuk selanjutnya kami rilis dokumen Karantina”, tuturnya.

Patuh karantina dengan melengkapi syarat permohonanan adalah salah satu kunci dalam menjaga kekayaan alam dan sumber daya kita.

Mari kita selalu taat aturan, dan jangan lupa selalu lapor karantina tiap kali bepergian membawa komoditas hewan dan tumbuhan beserta produk turunannya.

#LaporKarantina #KarantinaPertanianTimika